ManfaatKan Waktu Sebaik-baikNya

Selasa, 08 Maret 2011

Waktu tak terasa berjalan karena aktivitas yang kita lakukan, hingga tiba-tiba sampai Ulangan Akhir Semester.
How The Result? Memuaskan? Pas-pasan? Atau memprihatinkan?
Wah bahaya nih kalo' hasilnya seperti terakhir, harus ada banyak introspeksi diri, di sekolah dan juga di rumah.
Sohib muda, kehidupan kita terus berputar dan tidak berhenti sedetik pun. Senang, Sukses, Susah, gagal atau apalah. Kita pasti pernah merasakan bagaimana bahagianya ketika kita meraih apa yang kita cita-citakan dan juga bagaimana nelangsanya ketika kita belum berhasil. Seperti halnya roda, terkadang kita berada diatas dan terkadang pula dibawah.
Apa yang harus kita lakukan jika kita belum berhasil pada fase kehidupan kita saat ini? Feel Frustared? No way.
Ingat kisah Thomas Alfa Edison saat menemukan bola lampu, Sohib Muda? Thomas Alfa Edison dalam waktu 2 tahun melakukan percobaan terhadap 6000 bahan. barulah pada 21 Oktober 1879 dia berhasil menemukan lampu pijar pertama yang dapat menyala selama 40 jam. Bagaimana jika pada saat melakukan percobaan ke-10 Thomas frustasi, putus asa dan menyerah? Bisa jadi saat ini kita belum bisa beraktivitas dimalam hari karena belum ada lampu.

Never Stop to Learn
Pepatah mengatakan belajar itu sejak dalam buaian hingga ke liang lahat. Hidup adlah Pilihan. Dan setiap pilihan pasti ada konsekuensi yang harus dipertanggungjwabkan. Belajar tidak sekedar di sekolah, tapi disetiap kejadian dalam hidup kita. Setiap hari kita mengalami ujian, Yakni Ujian kehidupan. Jadi, pada dasarnya ulangan semester hanya sebagian kecil saja yang harus kita usahakan bukan?
Belajar dari kegagalan yang kita alami atau yang dialami orang lain, jangan sampai kita berputus asa dan memutuskan berhenti untuk belajar. Menyerah dan putus asa bukanlah ciri remaja muslim sejati. Kalau untuk saat ini nilai kita belum memuaskan, maka kewajiban kita untuk memperbaikinya. Selalu ada kesempatan kedua untuk kebaikan. Yakin deh, Allah swt pasti kasih kemudahan buat kita asal kita mau berusaha.

Positive Thinking
Pikiran negatif bisa mempengaruhi action. Jika kita berfikir sesuatu itu susah, maka jadilah susah. Mulai sekarang, Sohib muda harus belajar berpikiran positif terhadap hal yang akan kita hadapi. Karena ini akan berpengaruh pada otak kita, "aku pasti bsa" ini adalah salah satu pikiran positif yang akan memotivasi kita. Terlebih untuk ngadepin UAS, Percaya deh...

Never Feel We Are Failed
Jangan berfikir bahwa kita telah gagal pada kehidupan kita. Percaya bahwa Allah telah memberikan yang terbaik buat kita. Untuk saat ini kita masih harus"belajar/usaha" sehingga jika tiba pada saatnya nanti kita telah siap, maka Allah akan memberikan kesuksesan itu kepada kita.
Sebagai seorang pemuda, kita memiliki masa depan yang masih panjang, energi yang masih full. Masih banyak hal yang harus kita pelajari dari kehidupan ini jika kita tidak mau ketinggalan dan terlindas waktu. Jika saat ini status kita masih sbg pljar, maka nikmati dan lakukan yang terbaik yang kita bisa. Menggunakan kesempatan yang ada, teknologi dan fasilitas yang diberikan orang tua dengan bijaksana. Jangan sampai kita terlena dengan kemudahan yang kita punya sehingga pada saat kita susah kita menjadi terpuruk. 
Gagal itu biasa kok, tinggal bagaimana kita menyikapinya. Nangis? Marah-marah? Ngambek? Nggak mau makan? atau yang lain sbagainya, kalau seperti itu namanya menyakiti diri sendiri. Nggak ada untungnya dan nggak akan merubah nilai jadi 9 smua.
Kisah Thomas diatas adalah satu dari sekian contoh yang bsa kita pelajari, bangkit dari setiap kegagalan. Sohib Muda, Allah tidak akan merubah nasib seseorang kecuali dia mau berusaha untuk merubah nasibnya. Come on guys wake up! Bukankah nasi sudah jadi bubur, bakal jadi enak kalo kita jadikan bubur ayam.
hehehe.. Live Is Never Flat!!

0 komentar:

Posting Komentar